Cara Blokir Akses Internet pada Jam Tertentu dengan Mikrotik

Halo sobat blogger... pada postingan kali ini saya ingin membagikan tutorial untuk memblokir akses internet pada jam - jam tertentu. Bagaimana maksudnya? jadi begini, misal sobat mempunyai sebuah kantor yang jam kerjanya dimulai antara jam 07:00 pagi sampai dengan jam 17:00 sore dan sobat ingin para pekerja fokus dengan pekerjaannya dan tidak mengakses internet, maka sobat bisa menerapkan cara ini untuk melakukannya dengan menerapkan cara ini sobat bisa mengatur kapan jam untuk mengakses internet dan kapan jam untuk tidak mengakses internet.

Cara ini memang sangat cocok untuk digunakan oleh pemilik kantor yang ingin pekerjanya bekerja dengan fokus, dalam beberapa perusahaan biasanya memang ada salah satu atau beberapa karyawan yang pekerjaannya molor karena mereka sibuk melakukan aktivitas lain diinternet seperti menonton youtube misalnya, atau malah sibuk online di facebook. Memiliki pekerja yang seperti itu memang sangat menjengkelkan, oleh karena itu sobat memang perlu untuk menerapkan sistem yang satu ini

Perlu diperhatikan bahwa tutorial ini di khususkan untuk jaringan yang menggunakan Routerboard Mikrotik, perangkat mikrotik ini memang sangatlah membantu sekali untuk urusan pengelolaan jaringan. Jadi untuk sobat yang jaringannya belum memiliki Mikrotik maka sayang sekali tutorial ini tidak akan bisa di terapkan.

Baiklah untuk sobat yang ingin dan tertarik menerapkan sistem ini di jaringan atau di kantornya silahkan sobat simak tutorialnya dibawah ini. Karena saya anggap sobat sekalian sudah bisa mengkoneksikan mikrotik dengan PC saya tidak menerangkan cara untuk mengkoneksikan Mikrotik dengan PC sobat.

1. Buatlah rule firewall baru di mikrotik melalui menu IP > Firewall > Filter rule, klik tombol tanda di pojok        atas. buatlah rule baru dengan ketentuan :
    - Chain          :Forward untuk meneruskan koneksi
    - Src address : Isi dengan alamat ip network jaringan sobat
    - Protocol      : TCP karena berhubungan dengan website dan koneksi internet
    - Dst Port      : 80,443, bisa juga tambahkan 8080, yang merupakan port dari Web
   
    

2. Pindah ke tab extra. Pada opsi time masukkan jam berapa kah kita akan melarang akses internet untuk          client. Sobat juga bisa mengatur pada hari apa saja kah rule ini akan di berlakukan.

    

3. Kemudian pindah ke tab action. Pilih action drop yang berarti kita akan menolak koneksi yang diminta          oleh client. Jika sobat berniat untuk mengatur waktu memperbolehkan akses internet silahkan pilih action        allow. Jika sudah silahkan sobat klik Apply dan OK.

    

4. Maka akan terbuat rule baru tadi di tabel Filter rules firewall mikrotik sobat. Silahkan sobat test untuk            mengakses internet pada jam yang sudah sobat tentukan tadi. Maka seharusnya sobat tidak akan bisa            mengakses internet sama sekali.

    

Bagaimana caranya? sangat mudah bukan. Sobat bisa dengan mudah menerapkan tutorial ini didalam jaringan sobat sendiri, pastikan langkah - langkah yang sobat lakukan benar agar konfigurasi nya berhasil dan bekerja dengan baik. Terimakasih sudah mampir dan membaca postingan saya kali ini.