Perbandingan pola pikir orang kaya dan orang miskin

*Perbandingan Pola Pikir Orang Kaya & Orang Miskin*

Sering kali saya sebutkan bahwa kaya itu berasal dari "pola pikir, bukan dari harta yang anda miliki saat ini. Karena harta dan materi hanyalah suatu kondisi yang bisa berubah-ubah.

Jangan baca pembahasan ini, kecuali jika anda ingin menjadi orang sukses dengan pola pikir yang memberdayakan.

1. Orang Kaya Penuh Upaya, Orang Miskin Penuh dengan Alasan

Jika anda ingin perhatikan dan membaca biografi orang-orang besar. Mereka bukanlah orang yang tidak pernah gagal, justru banyak kegagalannya tapi mereka memilih untuk berupaya bangkit.

Saya pribadi pernah mengikuti suatu training saat terjadi kebangkrutan, dengan dana pas pasan saya memikih untuk mengupayakan untuk harus ikut training tersebut dan menjadi salah satu sebab kemajuan saya saat ini.

Padahal saat itu bisa saja saya beralasan:
- lagi bangkrut nih masa malah ikut training
- ga punya uang, uangnya untuk modal lagi itupun minim, ga usah ikut deh
- dan berbagai alasan lain

Bisa saja saya beralasan tapi itu bukan pola pikir orang kaya, saya lebih memilih untuk "mengupayakan" daripada beralasan. Karena banyak alasan adalah pola pikir orang miskin yang tidak memberdayakan.

2. Orang Kaya Bertanggung Jawab Terhadap Hidupnya. Orang Miskin Menyalahkan Situasi, Lingkungan, & Orang Lain

Saya perhatikan, orang disekitar saya yang kehidupannya sulit untuk maju adalah orang yang kerjaannya selalu mengeluh. Mengeluh tentang nasibnya, mengeluh tentang kesalahan orang lain dan menyalahkan faktor eksternal dalam dirinya. Padahal orang sukses selalu mengembalikan apa yang terjadi kepada dirinya sendiri.

Sehingga selalu berevaluasi dan membenahi kesalahan. Fokusnya adalah pada dirinya, bukan pada faktor eksternal. Karena kesuksesan dalam hidup ditentukan 100% oleh diri Tuhan dan diri anda.

3. Orang Kaya Berkomitmen Untuk Menjadi Kaya, Orang Miskin Ingin Menjadi Kaya

Definisi komitmen adalah menjalani proses untuk menjadi kaya, baik manis ataupun pahit, baik saat jatuh ataupun naik. Karena tidak ada kesuksesan datang secara instan dan tiba-tiba.

Banyak orang yang melihat saya setelah mencapai di titik ini, tapi saat saya ceritakan jatuh bangunnya membangun bisnis, belum tentu mereka mau menjalaninya.

Jangan jadi golongan yang hanya sekedar "ingin", tapi jadilah golongan yang "berkomitmen" mengejar kesuksesan dan kekayaan dengan jalan yang baik tentunya.

3 pola pikir ini saya rasa cukup untuk anda yang serius dan ingin mengejar kesuksesan di usia muda. Benahi mindset untuk menghasilkan banyak aset!

Keep fight!