Cara Menghubungkan Debian dengan Windows pada Virtual Box

Halo sobat blogger semua ! selamat datang di postingan saya kali ini, dalam postingan ini saya akan membagikan kepada sobat semua tutorial untuk mengkoneksikan OS Debian yang ada di mesin virtual dengan OS Windows yang sobat gunakan di PC sobat semua.

Adakah diantara sobat yang tidak tau mesin virtual seperti virtual box?. Virtual box adalah sebuah software yang biasa digunakan untuk melakukan simulasi pada sebuah sistem operasi, dengan software ini kita bisa menginstall berbagai macam sistem operasi tanpa harus mengganti sistem operasi sobat sendiri. Yaitu dengan menggunakan mesin virtual yang dibuat oleh software itu sendiri.

Nah mungkin ada pemikiran untuk mengkoneksikan OS di mesin virtual dengan OS yang sobat gunakan di PC sobat. Hal ini sangatlah memungkinkan dan sangat mudah dilakukan. Di postingan ini saya akan membahas tutorial untuk menghubungkan OS Linux Debian dengan OS Windows yang saya gunakan.

Untuk instalasi debiannya sudah pernah saya bahas di postingan saya yang satu ini.

Bagi sobat yang ingin segera melihat seperti apa caranya. Silahkan simak baik baik tutorial yang sudah saya tuliskan dibawah ini.

Langkah - Langkah

1. Buka Sistem operasi debian sobat yang ada di Virtual box, dan login menggunakan user Root sobat.User      root ini adalah user yang memiliki hak akses penuh atas akses file sehingga kita bisa memodifikasi                  konfigurasi apapun yang ada pada Linux. sama halnya di windows seperti Administrator. User root                biasanya akan ditandai dengan tanda pagar (#)

    

2. Setelah berhasil menggunakan akun root, sobat harus men setting adapter yang digunakan virtual box            untuk bisa terhubung ke windows, caranya dengan men klik kanan pada icon network di bagian bawah          dan klik network setting.

    

3. Silahkan pilih atached to : Host only adapter dan untuk name nya pilih virtual box host host-only ethernet        adapter. jangan mendisable adapter ini di windows sobat karena jika begitu maka adapter tidak akan            bisa di gunakan.

    

4. Setelah adapter di setting , kini waktunya sobat untuk menkonfigurasi di dalam sistem operasi debian.

Konfigurasi IP Debian

 1. ketikkan perintah "nano /etc/network/interface" yang berarti kita akan membuka file interface yang ada di       direktori /etc/network/ dengan text editor nano 

2. Setelah file terbuka silahkan edit file tersebut seperti pada gambar yang saya sediakan ini. Perlu                      diperhatikan bahwa disini kita mengatur ip nya secara static. Dan silahkan sesuaikan ip nya dengan ip             yang ingin sobat gunakan dalam sistem operasi sobat. Simpan perubahan dengan tombol ctrl + X lalu             tekan Y yang berarti yes.

     

3. Kemudian kalian harus merestart layanan atau service networking di Debian, gunakan perintah "service          networking restart" maka akan muncul proses restart. Jika konfigurasi sobat benar disana akan muncul          tulisan done.

    

4. Sobat bisa mengecek ip debian sobat dengan perintah "ifconfig"

    

5. Sekarang saat nya sobat mengkonfigurasi ip di Windows sobat.

Konfigurasi IP Windows

1. Buka network and shariing center dengan mengklik kanan icon wifi dan pilih menu network and sharing          center lalu klik adapter setting.
    
    


2. Silahkan cari adapter yang sobat gunakan di virtual box sobat tadi. pastikan benar benar yang digunakan      oleh virtual box sobat. Klik kanan lalu properties.
    

3. Klik properties pada TCP/IPv4 lalu centang pada pilihan obtain manually. Masukkan ip addres yang satu      network dengan IP debian sobat tadi. Jika sobat memasukkan ip yang beda network jelas nantinya tidak     akan bisa terhubung.

   

4. Silahkan sobat test ping melalui cmd, dengan cara buka Command prompt lalu masukkan perintah " ping      ip sobat" kemudian proses ping akan berjalan. Jika disana hasilnya adalah Reply maka Debian dengan          Windows sobat sudah terhubung.

    


Begitulah tutorial untuk mengkoneksikan Debian yang ada di virtual box dengan Windows yang ada pada PC sobat. cukup mudah bukan? saya yakin sobat semua bisa mencobanya dengan lancar. Terimakasih sudah mampir ke blog saya dan membaca tulisan saya di postingan kali ini.