Cara Membuat Partisi Baru di Windows tanpa Format Hardisk

Hallo sobat blogger.. pada postingan kali ini saya ingin membagikan tutorial untuk membuat sebuah partisi baru di windows tanpa harus format hardisk kalian dan juga tanpa software tambahan lagi. Cara ini cukup bagus untuk sobat yang tidak ingin kehilangan data pada hardisk saat ingin menambah partisi.

Mungkin diantara sobat sekalian ada yang ingin menggunakan dual boot OS namun tidak memiliki partisi lain yang kosong untuk tempat instalasinya . Dengan cara ini sobat bisa membuat partisi baru di dalam hardisk sobat tanpa format dan sangat mudah untuk di praktikkan oleh sobat semua, cara ini sudah pernah saya lakukan di windows 7, windows 8, maupun windows 10. Untuk kalian yang mungkin masih menggunakan windows XP silahkan coba sendiri.

Baiklah jika sobat tertarik atau berminat untuk menggunakan cara ini di PC sobat silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

Langkah - Langkah

1. Buka file explorer pada windows sobat. file explorer yaitu aplikasi bawaan windows yang biasa                    digunakan untuk mengekplorasi file yang ada di dalam hardisk.

2. Klik kanan pada My computer atau This PC jika di windows 10, pilih manage. 
    
    

3. Kemudian akan muncul jendela computer management yang memiliki berbagai menu untuk menmanage          kondisi PC sobat. disini sobat klik pada Disk management. Disana akan tampil informasi tentang partisi di      Hardisk sobat. 

    

4. Klik kanan pada partisi mana yang akan anda bagi kapasitasnya untuk partisi yang akan anda ciptakanan      nantinya, klik shrink volume untuk mulai membagi kapasitas partisi.

    

5. Masukkan nilai kapasitas dari partisi yang nanti ingin sobat buat. Disini pastikan kapasitas partisi anda            cukup untuk di bagi dengan partisi baru yang sobat buat.

    

6. Kemudian akan muncul volume baru tapi masih bertipe Unallocated yang berarti belum di alokasi atau          belum bisa digunakan untuk menyimpan data.

    
    
7. Silahkan sobat klik kanan pada unallocated volume yang muncul tadi dan pilih New Simple Volume.              disana akan muncul jendela wizard baru untuk membuat volume baru, masukkan jumlah kapasitas volume      yang akan digunakan. Sebaiknya gunakan semuanya.

    

8. Tentukan letter yang akan kita gunakan pada partisi baru kita. Letter ini digunakan untuk menandai setiap      partisi yang ada pada hardisk kita.

    

9. Kemudian kalian harus menentukan nama dan file system untuk partisi baru sobat. Sebaiknya file system        yang digunakan adalah NTFS.

    

10. Lalu klik saja finish maka partisi baru akan muncul dan mulai bisa digunakan. Dengan begini sobat sudah        membuat sudah partisi baru tanpa harus memformat hardisk sobat dan hanya menggunakan fitur bawaan        windows saja.
     
      
      

Begitulah tutorial yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Semoga dengan tutorial ini sobat tidak perlu lagi melakukan format hardisk dan kehilangan daya sobat hanya untuk membuat sebuah partisi baru di hardisk sobat.